Kisah Legenda Nabi Ismail AS (Ishmael) Dalam Islam, Muham Dragon Sakura
id
Muham Dragon Sakura

Kisah Legenda Nabi Ismail AS (Ishmael) Dalam Islam

Meld me wanneer het boek is toegevoegd
Dit boek lezen upload een EPUB- of FB2-bestand naar Bookmate. Hoe kan ik een boek uploaden?
Nabi Ismail AS atau Ishmael (sekitar 1911–1779 SM) adalah seorang nabi dan rasul putera dari Nabi Ibrahim AS (Abraham) dan Siti Hajar, kakak tiri dari Nabi Ishaq. Ia menjadi nabi pada tahun 1850 SM. Ia tinggal di Amaliq dan berdakwah untuk penduduk Al-Amaliq, bani Jurhum dan Qabilah Yaman. Bersama ayahnya Nabi Ibrahim AS ia membangun kembali Ka'bah.

Nabi Ibrahim yang berhijrah meninggalkan Mesir bersama Sarah, istrinya dan Hajar, dayangnya di tempat tujuannya di Palestina. Ia telah membawa pindah juga semua hewan ternaknya dan harta miliknya yang telah diperolehnya sebagai hasil usaha dagangnya di Mesir.

Nabi Ibrahim ‘alaihissalam ingin sekali memiliki keturunan yang saleh yang beribadah kepada Allah Subhaanahu wa Ta’ala dan membantu urusannya, istrinya yang bernama Sarah pun mengetahui apa yang diharapkan suaminya sedangkan dirinya mandul, maka Sarah memberikan budaknya yang bernama Hajar kepada Ibrahim untuk dinikahi agar suaminya memiliki anak darinya.

Sebelum Nabi Ismail 'alaihis salam lahir, Nabi Ibrahim berdoa kepada Allah s.w.t: “Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang soleh” (QS. ash-Shaffat: 100)

Allah s.w.t menjawab: “Maka Kami beri dia khabar gembira dengan seorang anak yang amat sabar.” (QS. ash-Shaffat: 101)

Selanjutnya, Hajar pun hamil dan melahirkan Nabi Ismail yang akan menjadi seorang nabi. Setelah beberapa waktu dari kelahiran Ismail, Allah Subhaanahu wa Ta’ala memerintahkan Ibrahim pergi membawa Hajar dan Ismail ke Mekah, maka Nabi Ibrahim memenuhi perintah itu dan ia pun pergi membawa keduanya ke Mekah di dekat tempat yang nantinya akan dibangunkan ka’bah.

Tidak lama setelah sampai di sana, Nabi Ibrahim meninggalkan Hajar dan Ismail di tempat tersebut dan ingin kembali ke Syam. Ketika Hajar melihat Nabi Ibrahim pulang, maka Hajar segera mengejarnya dan memegang bajunya sambil berkata, “Wahai Ibrahim, kamu mau pergi kemana? Apakah kamu (tega) meninggalkan kami di lembah yang tidak ada seorang manusia dan tidak ada sesuatu apa pun ini?” Hajar terus saja mengulang-ulang pertanyaannya berkali-kali hingga akhirnya Ibrahim tidak menoleh lagi kepadanya. Akhirnya Hajar bertanya, “Apakah Allah yang memerintahkan kamu atas semua ini?” Ibrahim menjawab, “Ya.” Hajar berkata, “Kalau begitu, Allah tidak akan menelantarkan kami.”

Kemudian Hajar kembali dan Ibrahim melanjutkan perjalanannya hingga ketika sampai pada sebuah bukit dan mereka tidak melihatnya lagi, Ibrahim menghadap ke arah Ka’bah lalu berdoa untuk mereka dengan mengangkat kedua belah tangannya, dalam doanya ia berkata, “Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati. Ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.” (QS. Ibrahim: 37)
Dit boek is momenteel niet beschikbaar
23 afgedrukte pagina’s

Impressies

b1566157643
b1566157643deelde een impressie4 jaar geleden
👍De moeite van het lezen waard

Kurang

Citaten

b1566157643
b1566157643citeerde uit4 jaar geleden
ata
Nabi Ismail AS atau Ishmael (sekitar 1911-1779 SM) adalah seorang nabi dan rasul putera dari Nabi Ibrahim AS (Abraham) dan Siti Hajar, kakak tiri dari Nabi Ishaq. Ia menjadi nabi pada tahun 1850 SM. Ia tinggal di Amaliq dan berdakwah untuk penduduk Al-Amaliq, bani Jurhum dan Qabilah Yaman. Bersama ayahnya Nabi Ibrahim AS ia membangun kembali Ka'bah.
Nabi Ibrahim yang berhijrah meninggalkan Mesir bersama Sarah, istrinya dan Hajar, dayangnya di tempat tujuannya di Palestina. Ia telah membawa pindah juga semua hewan ternaknya dan harta miliknya yang telah diperolehnya sebagai hasil usaha dagangnya di Mesir.
Nabi Ibrahim ‘alaihissalam ingin sekali memiliki keturunan yang saleh

Op de boekenplanken

Bokbok ku, b3935877365
b3935877365
Bokbok ku
  • 21
  • 79
Novel, yulifarmasi8
yulifarmasi8
Novel
  • 71
  • 25
Nn, Ida Farida
Ida Farida
Nn
  • 48
  • 4
religi, b1417098600
b1417098600
religi
  • 4
  • 2
Ilmu, Denie Cendirie
Denie Cendirie
Ilmu
  • 2
fb2epub
Sleep je bestanden hiernaartoe (maximaal 5 per keer)